Pengertian Domain dan Fungsinya


Pengertian Domain

Berikut merupakan pengertian domain menurut berbagai sumber terpercaya :

Pengertian Domain menurut Wikipedia :
Domain adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Adapun fungsi Domain adalah untuk memudahkan pengguna di internet pada saat mengakses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat (to memorize/to store) nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP  (Internet Protocol address) . Nama domain dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain terkadang dikenal istilah URL, atau alamat website.
sumber: Wikipedia

Pengertian Domain berdasarkan Tech Terms

Menurut Tech Terms oleh Jeff Rutenbeck Domain name adalah sebuah sistem penamaan yang mengidentifikasi setiap  server jaringan unik di internet. Sebagai contoh www.apapengertianahli.com. Saat pengguna atau user mengetik nama domain pada kotak search di web browser, nama server domain (Domain name system/DNS), sebuah Domain name system akan memproses permintaan dengan nama domain yang anda cari di internet, yang memungkinkan untuk menghubungkan server tersebut secara langsung dan kemudian mengunduh isi dari server tersebut ke pengguna komputer.

Pengertian Domain Menurut Premysl Raban
Menurut Premysl Raban dalam buku .eu domain name (eu domena) bahwa  sistem nama domain (DNS) sesungguhnya adalah sistem global (global adressing system) yang membuat bisanya penerjemahan alat Internet Protokol (IP) yang tersusun atas angka menjadi nama (nama domain) dan sebaliknya. "The domain name system is essentially a global addressing system which enables to translate IP addresses (numbers) into names (domain names) and vice versa."

Pengertian Domain menurut Syafrizal
Menurut Melwin Syafrizal dalam buku pengantar Jaringan Komputer penerbit amikon, DNS (Domain name system) dapat dianalogikan seperti pemakaian buku telepon, dimana orang kita kenali berdasarkan nama. Akan tetapi untuk menghubungi kita harus menelpon nomor telepon di ponsel atau di telpon rumah, yang dinama nomor tersebut dapat kita tulis dengan nama orang yang kita hubungi, dan akan terlihat di ponsel anda nama dan nomor orang tersebut.


Komponen Domain Name System ( DNS )

(Apa pengertian ahli) Berdasarkan buku pengantar jaringan komputer, ada 3 bagian yang mendukung kinerja Domain name system yaitu:
1. Domain Name system resolvel, adalah sebuah program DNS client yang dijalankan pada komputer user dan menghasilkan DNS request program aplikasi yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan program aplikasi tentang domain
2. Recursive Domain name system server, yang akan melanjutkan pencarian Domain name system melalui respons (balasan) query dari resolver dan mengembalikan jawaban ke resolver
3. Authoritative Domain Name System Server, adalah bagian yang mengeksekusi jawaban jawaban keluar ke query dari recursor, pada tiap-tiap bagian jawaban atau bagian dari penunjukan atau penyerahan 

Domain Name System Server ada 3 jenis yaitu:
1. Cache, jenis ini tidak memiliki data nama nama host dari domain tertentu. Hanya mencari jawaban dari beberapa domain name system server dan menyimpan hasil di dalam cache-nya untuk keperluan mendatang.
2. Primary (master) adalah dns server yang menyimpan list lengkap dari sebuah domain yang dikelola. Contohnya server blogger.com mempunyai otoritas penuh atas domain http://www.apapengertianahli.com/
3. Secondary (slave) adalah cadangan dari primary server apabila server utama crash atau untuk mempermudah pendelegasiannya. Server sekunder juga menampung list lengkap dari sebuah domain, sama seperti primary domain server.

Fungsi Domain

Domain adalah pengganti nama dari alamat IP address yang isinya berupa deretan angka decimal. Hal ini selain bertujuan untuk keamanan sekaligus supaya lebih mudah untuk diingat ketika ingin mengaksesnya. Literatur lainnya yang lebih spesifik menyebutkan bahwa domain adalah nama unik yang digunakan sebagai pengganti alamat IP. Ada juga yang menyebut domain sebagai alamat sebuah website, contohnya web apapengertianahli.com, itu bisa dibenarkan juga.

Jadi dapat disimpulkan secara abal abal bahwa domain name adalah sebuah sistem penamaan alamat internet yang bersifat manusiawi. Hal ini karena alamat IP berupa angka angka yang sulit dihapal seperti 212.53.64.01. Adanya domain name membuat penamaan alamat internet protokol menjadi mudah dan gampang diingat. Misalnya www.Kompas.com atau www.yahoo.com. Domain name boleh dikatakan sebagai alamat rumah virtual seseorang di internet.

Sekian ulasan tentang pengertian domain, baca juga yah pengertian lain di apapengertianahli

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Domain dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel